Mesin Laminating

Mesin Laminating untuk merapikan dokumen

Mesin laminating merupakan salah satu alat yang digunakan untuk merapikan dokumen agar terlihat lebih rapi serta aman dari tetesan air maupun noda lain. Mesin ini telah banyak digunakan di perkantoran serta usaha foto copy. Berikut ini akan kami bahas mengenai pengertian mesin laminating, cara mengoperasikan, dan jenis-jenisnya.

Pengertian Mesin Laminating

Mesin laminating adalah mesin yang digunakan untuk laminasi atau berguna untuk melapisi kertas dengan menggunakan plastik atau film agar dokumen menjadi lebih awet, terbebas dari kotoran, debu, noda dan percikan air.

Manfaat Mesin Laminating

Manfaat dari mesin laminating ini dapat melindungi dokumen sehingga tidak akan mudah rusak namun ada kelemahannya juga yaitu jika plastik laminating sobek maka dokumen juga akan ikut robek. Oleh sebab itu diperlukan keahlian serta ketelitian yang tinggi untuk melaminasi sebuah dokumen.

Cara Menggunakan mesin Laminating

Mengoperasikan mesin laminating panas haruslah berhati-hati agar plastik atau film yang digunakan tidak mudah robek. Berikut ini cara menggunakan mesin laminating yang baik dan benar sesuai prosedur pengoperasiannya :

  1. Hidupkan mesin dengan menekan tombol on/of. Jika mesin tidak mau menyala maka lakukan pegecekan pada tombol siaga yang berfungsi membuat mesin siaga atau hibernasi.
  2. Jika ingin memulai menggunakannya maka tunggu hingga mesin panas. Hal ini dapat Anda perhatikan pada lampu indikator pada mesin yang memberikan petunjuk bahwa mesin telah siap untuk digunakan.
  3. Pilihlah kecepatan laminating dengan menyesuaikan ukuran kertas. Jika Anda ingin melaminating kertas berukuran tebal seperti karton maka pililah kecepatan lambat namun jika kertas tipis seperti hvs Anda dapat memilih kecepatan tinggi.
  4. Lapisi dokumen yang akan dilaminating dengan plastik khusus laminating. Untuk mencegah plastik laminating menempel pada mesin maka lapisi permukaan plastik laminating dengan menggunakan kertas hvs.