Single Chamber Vacuum Machine

Mesin pengemas makanan segar dengan single chamber

Mesin Vacuum Sealer atau alat pengemas vakum merupakan suatu metode pengemasan cara terbaru yang bekerja menghilangkan udara dari kemasan sebelum dilakukan penyegelan. Dengan kata lain, hasil pengemasannya, Mesin Vacuum Sealer akan membuat plastik kemasan mengikuti bentuk produk tersebut. Sekilas memang hasil pengemasannya sama seperti pada mesin thermal shrink.

Mesin Vacuum Sealer bekerja otomatis menghilangkan oksigen yang ada didalam kemasan yang bertujuan untuk memperpanjang masa simpan produk tersebut. Selain itu fungsi dari kinerja alat pengemas vakum adalah untuk mengurangi volume isi dari produk itu sendiri. Alat pengemas sealer vacuum juga berguna dalam menghambat pertumbuhan bakteri atau jamur dan mencegah terjadinya penguapan pada produk. Biasanya mesin vacuum sealer ini banyak digunakan untuk mengemas produk makanan diantaranya keripik, kopi, buah, sayur dan sebagainya.

Mesin Vacuum Sealer ini sangat bermanfaat dalam industri kemasan produk makanan karena tanpa proses pengemasan vacuum akan kualitas produk makanan tersebut mulai dari rasa, bau dan tekstur. Alat pengemas vakum juga akan mencegah timbulnya berbagai macam bakteri yang akan tumbuh di dalam kemasan, dengan begity bakteri tidak akan dapat berkembang dalam produk kemasan vacuum. Itu artinya apabila dalam kemasan tidak ada kadar oksigen maka akan membuat makanan yang berada didalam kemasan produk akan tetap bersih, higienis, rapi dan membuat makanan menjadi tahan lebih lama.

Produk dalam Kemasan vakum juga dapatmemperpanjang usia makanan menjadi lebih tahan lama sehingga meminimalisir pembususkan makanan. Oleh sebab itulah mesin Vacuum Sealer sangar penting dalam menjaga kualitas produk makanan yang akan Anda jual. Tak hanya itu saja, dengan kemasan vacuum juga akan membuat makanan terlihat tetap segar untuk dikonsumsi.

Fungsi Mesin Vacuum Sealer untuk makanan

Menyimpan makanan segar

Gunakan penutup kedap udara untuk menyimpan daging dan ikan selama disimpan atau selama persiapan untuk memasak. Menggunakan penutup kedap udara merupakan cara yang efektif untuk mencelupkan daging atau ikan sebelum mereka disiapkan. Tempatkan daging yang belum dimasak dan celupkan kedalam lastik kedap udara. Ketika penutup kedap udara menghilangkan udara dari kantung, pori dari daging akan terbuka dan menmbuat proses pencelupan terserap dengan baik. Anda juga bisa menggunakan wadah kedap udraa untuk menyimpan daging yang belum dimasak di elmari es. Pisahkan daging berdasarkan ukuran porsi yang diinginkan dan kedap udarakan setiap porsi: ketika wadah kedap udara ditutup, sepotong daging ukuran besar dapat disimpan dalam lemari es hingga dua atau tiga tahun, ikan untuk dua tahun, serta daging giling hingga satu tahun. Simpan keju dalam wadah kedap udara untuk menjaga keju tetap segar lebih lama. Keju akan lebih murah apabila dibeli dalam ukuran banyak. Di rumah, pisahkan keju ke dalam beberapa porsi kecil. Simpan dalam wadah kedap udara dan simpan dalam lemari es. Karena keju tidak terkena udara serta kelembapan, maka keju akan lebih segar tahan lama. Ketika disimpan dalam lemari es, keju akan tetap segar hingga 8 bulan, lebih lama daripada menyimpan dalam lemari es dengan metode biasa yaitu sekitar 2 hingga 3 minggu.

Menyimpan Makanan Kering

Kedap udarakan makanan kering anda, makanan padat ketika disimpan untuk digunakan dikemudian hari. Jenis makanan ini termasuk gula dan gula merah, dimana mereka seringkali menjadi keras ketika mereka terkena udara. Dengan menggunakan penutup kedap udara, makanan kering tersebut tidak akan menyerap kelembapan dari lingkungan. Masa usia makanan tersebut akan diperpanjang. Anda juga bisa menggunakan wadah kedap udara untuk menyimpan biji kopi atau gilingan kopi untuk menjaga mereka tetap dalam kondisi kesegaran yang tinggi seperti saat dikemas. Meskipun begitu saat mengeringkan makanan kering tersebut, penting untuk memastikan bahwa tidak ada makanan yang terselip dalam penutup kedap udara karena akan mempemngaruhi kerja penutup kedap udara. Kantung kedap udara anda juga bisa berguna untuk menyimpan kue pernikanan anda hingga peringatan pernikahhan anda yang pertama. Simpan kue ke dalam lemari es hingga beku. Ambil kue dari lemari es lalu tempatkan dalam wadah kedap udara. Kemudian simpan kembali dalam lemari es dan bertahan hingga satu tahun.

Menyimpan Makanan Per-Porsi

Penggunaan wadah kedap udara dapat digunakan dengan lebih kreatif. Sebagai contoh, anda bisa membuat makanan dalam jumlah besar dan camilan dalam satu waktu lalu gunakan wadah kedap udara tersebut untuk membagi dalam beberapa porsi bagi beberapa orang. Pada website Food Saver, merekomendasikan agar anda menggunakan kantung kedap udara untuk membuat sarapan pagi yang praktis. Siapkan beberapa roti bagels atau kue muffin Inggris dengan beberapa topping seperti daging sosis bacon, telur, saus, atau keju, kemudian kedap udarakan setiap roti sandwich anda untuk sarapan ke dalam beberapa kantung kedap udara. Simpan sandwich dalam lemari es dan anda siap menyajikannya hanya dengan memanaskan kembali.