Hand Sealer

Mesin Sealer menggunakan tangan Manual

Mesin hand sealer adalah mesin yang digunakan untuk membantu dalam proses pengemasan suatu produk yang memiliki bungkus dari bahan plastik. Mesin hand sealer lebih dikenal dengan nama mesin pres. Fungsinya untuk mengepres kemasan plastik agar tertutup rapat dan kedap udara. Beberapa jenis produk yang memerlukan bantuan mesin hand sealer diataranya untuk mengemas makanan ringan, kerupuk, bahan-bahan dapur produk-produk lainya yang mudah rusak atau melempem jika dibiarkan terpapar udara dalam waktu yang lama.

Hand sealer dioperasikan secara manual menggunakan bantuan listrik untuk memunculkan panas pada elemen hand sealer dan tenaga manusia. Yaitu dengan menyalurkan kabel hand sealer pada aliran listrik, selanjutnya letakan plastik diantara bagian mesin pres pada hand sealer dan kemudian tekan mesin pres, diamkan beberapa detik hingga plastik tadi menyatu dengan sempurna. Penggunaan mesin hand sealer yang mudah dan sangat bermanfaat pada dunia industri membuat hand sealer tak hanya digunakan di dunia industri saja. Mesin hand sealer mulai banyak dimanfaatkan oleh rumah tangga untuk mempermudah pengemasan sisa-sisa makanan agar tetap higienis dan awet.

Mesin ini mempunyai tugas utama yakni melindungi makanan dari kontak udara luar sehingga terhindar dari proses pembusukan yang cepat. Sebagaimana diketahui bahwa salah stau penyebab adanya pembusukan adalah oksigen sehingga dengan menggunakan mesin ini makanan yang di jual atau makanan yang ada dalam kemasan bisa bertahan lebih lama. Selain itu penggunaa hand sealer sebagai alat pres kemasan makanan bisa menaikkan nilai jual makanan karena terlihat lebih higienis tanpa ada campur tangan saat penjualannya.apalagi dengan mesin ini sudah terjamin akan keamanannya karena tidak akan mudah untuk dibuka kecuali dengan dirobek saja.

Mesin hand sealer memiliki banyak jenis ukuran, mulai dari yang portable dengan begitu mudah dipindahkan kemana-mana hingga ukuran besar khusus untuk penggunaan dunia industri. Sebagaimana namanya yang merupakan hand sealer tentunya alat ini masih bergantung pada ketepatan tangan dalam mengemasi produk yang diinginkan. Sehinga jenis yang dari hand sealer ini ditentukan oleh ukuran mesin untuk menutup kemasan. Bagi orang yang mempunyai produk dengan ukuran kecil maka otomatis mesin yang digunakan juga berukuran kecil sehingga mudha untuk dimaksimalkan. Demikian pula pada kemasan besar tentu saja harus menggunakan mesin yang besar.

Bukan hanya itu saja yang menentukan jenis dari mesin ini akan tetapi masih bahan yang digunakan pada mesin tersebut juga menentukan jenisnya. Sebagaimana diketahui bahwa mesin ini menggunakan dua bahan yakni besi dan plastik untuk proses pengerjaannya. Jadi untuk industri rumahan biasa akan lebih baik untuk menggunakan bahan dari plastik karena mudah untuk dibawa kemana-mana dan dipindahkan kapan pun dibutuhkan.

Apalagi jika alat tersebut hanya digunakan untuk membungkus sisa makanan tentunya akan lebih mudah dan lebih ringan menggunakan bahan plastik. Berbeda dengan bahan dari besi yang merupakan bahan yang paling banyak digunakan pada industri menengah keatas karena bahannya yang lebih kuat. Pada sebuah industri yang menghasilkan puluhan bahkan ratusan produk di tiap harinya maka menggunakan bahan besi adalah pilihan yang tepat.

Fungsi dan kegunaan Mesin Hand Sealer

Hand sealer adalah mesin canggih yang beguna sebagai pengemas kemasan plastik. Seperti namanya, adapun cara mengoperasikan mesin hand sealer ini adalag dengan menggunakan tangan. Meski dengan tangan namun mesin ini sudah dilengkapi dengan mesin yang canggih sehingga pengoperasiannya menjadi sangat mudah. Adapun cara pengoperasianbya yaitu debgan cara meletakkan plastik kemasan diantara penjepit mesin hand sealer, lalu kita tutup dan tekan dan mesin akan bekerja otomatis mengepress plastik kemasan tersebut.

Nah kehadiran mesin hand sealer ini menjadi suatu keuntungan tersendiri bagi para pengusaha khususnya bagi oengusaha yang bergerak dibidang produk kemasan. Selain itu dengan menggunakan mesin hand sealer atau mesin press plastik, prises finishing produk menjadi lebih higienis dan lebih menarik. Dengan demikian, pengemasan produk yang baik dapat membantu meningkatkan nilai penjualan produk itu sendiri.

Sebenarnya dalam pengemasan produk dapat dilakukan secara manual yakni dengan menggunakan lilin, atau dengan pemanas manual. Namun sayangnya cra manual ini tidak efektif dapat membuat produk menjadi tahan lama, karena plastik yang digunakan akan rentan sobek, nguap karena plastik kemasan yang dapat digunakan hanya tertentu saja. Berbeda jika menggunakan mesin pengemas plastik atau mesin hand sealer atau mesin press plastik ini, selain pengemasan plastik lebih rapi dan apik, mesin ini daoat merekatkan plastik dengan kuat bahkan tipe plastik yang digunakan bisa hingga ukuran yang tebal.