PENGARUH DAYA TAWAR SUPPLIER DALAM DUNIA BISNIS

  • Home
  • /
  • Event & Gallery
PENGARUH DAYA TAWAR SUPPLIER DALAM DUNIA BISNIS

PENGARUH DAYA TAWAR SUPPLIER DALAM DUNIA BISNIS

Kalo konsumen itu tempat kita menjual barang / produk,. Berarti Supplier adalah tempat kita membeli Bahan baku, barang atau jasa untuk kita jual kembali,.


Contoh nya :

Seperti Penjual minuman jadi kopi atau jus buah,. supplier nya berarti petani kopi ataupun petani buah lainnya,. Sama seperti penjual mebel lemari, pintu, ataupun jendela yang berarti supplier dari mereka adalah pihak yang menjual bahan dasar kayu,.

Supplier ini mungkin bukan cuma barang fisik aja yaa, bisa jadi human capital dalam industri jasa kayak ketersediaan jasa seperti teknisi professional, juru masak handal atau tenaga ahli tertentu di bidang jasa.

Naahh,.!! dalam hal ini sebuah bisnis harus nya bisa mengurangi ketergantungan dalam satu supplier,. Bayangin deh,.!! sebuah bisnis yang udah rame dan sukses tapi jalannya bisnis itu tergantung pada satu atau dua entitas supplier doang,. gmana kalo supplier itu tiba" ghosting atau menghilang dan gmana juga kalo supplier itu tiba-tiba bangkrut,.? atau ada masalah hukum atau ngurangin kualitas dan naikin harga nya,.?

Pengaruh Supplier Dalam Bisnis

Jangan sampe ketergantungan satu supplier ini menjadi pasokan barang atau jasa bisnis kita mandeg berhenti beberapa hari,. hal itu berdampak krusial buat operasional bisnis kita,.


Sebaik nya dalam memulai bisnis kita tuh musti banget memiliki banyak supplier,. supaya kita bisa membandingkan harga dan kualitas nya lebih luas lagi,. menghilang atau ga bisa memenuhi kebutuhan pasokan untuk bisnis kita,.

Jangan sampe supplier memiliki posisi yang terlalu kuat dalam bisnis kita sehingga bisa mendikte bahan baku dan bisa memonopoli pasokan dalam bisnis kita,. kalo misalnya daya tawar supplier sudah terlalu tinggi buat bisnis kamu itu tuh hal yang harus kamu waspadai,. intinya dalam suatu bisnis jangan sampe ada salah satu yang terlalu mendominasi,.


Segitu dulu yaah pembahasan point Pengaruh Supplier Dalam Bisnis.

See you Next Post


Website : www.heavypack.id

Youtube : Heavypack Indonesia

Instagram : @heavypack_indonesia

Facebook : @heavypackIndonesia

Hotline : +62 21 2255 4677

Latest Post

Mengenal Mesin Packaging Yang Sesuai Dengan Kemasan Produk

Mengenal Mesin Packaging Yang Sesua ...

Bisnis

Secara Umum Kemasan merupakan identitas produk dan bagian terluar dari produk yang mungkin bisa mempengaruhi keberhasilan sebuah produk, karena semaki ....

Read More
BIFHEX Indonesia 2020 Exhibition

BIFHEX Indonesia 2020 Exhibition ...

Bisnis

Bandung International Food & Hospitality Expo (BIFHEX) Indonesia merupakan pameran B2B makanan, minuman serta perlengkapan industry di bidang hotel, ....

Read More

Comments

Daftar
Untuk Menerima Promo Terbaru
Dan Event