Cara Menggunakan atau cara kerja mesin continous band sealer

  • Home
  • /
  • Event & Gallery
Cara Menggunakan atau cara kerja mesin continous band sealer

Cara Menggunakan atau cara kerja mesin continous band sealer

Buat kalian yang berkecimbung didunia makanan snack pasti sudah tidak asing lagi dengan mesin sealer, lalu bagaimana cara menggunakan mesin band sealer ini, berikut adalah cara untuk menggunakan mesin band sealer

  • Pastikan semua tombol pada mesin berada pada posisi OFF.
  • Kemudian periksa kabel power dalam keadaan baik. Colokan kebel mesin dan hubungkan dengan saklar listrik. Setelah itu anda bisa menarik tuas MCB ke posisi On.
  • Hidupkan semua tombol yang ada di mesin pengemas kecuali Tombol emergency
  • Atur tingkat kecepatan konveyor pada mesin.
  • Nyalakan dynamo belt, lalu atur speed level atau tingkat kecepatan conveyor sesuai kebutuhan Anda.
  • Atur panas pada tombol suhu, sesuaikan dengan tebal dan tipisnya plastik yang digunakan untuk pengemasan. Agar lebih maksimal tingkat panas harus disesuaikan juga dengan kecepatan konveyor. Contoh untuk aluminium dan plastik vacuum biasa di set 150 derajat celcius. Selanjutnya, sesuaikan juga antara suhu dengan kecepatan conveyor. Tujuannya agar hasil akhir pas dengan keinginan.
  • Jika diperlukan, Anda bisa menyalakan kompresor.
  • Tunggu sejenak sampai suhu yang diinginkan tercapai, tandanya lampu indikator pada mesin berwarna hijau. Hal ini menandakan bahwa suhu panas yang dihasilkan sudah mencapai temperatur yang diinginkan.
  • Proses pengemasan plastik siap untuk dilakukan.
  • Siapkan plastik yang akan disegel.
  • Masukkan ujung plastik pada bagian sealing mesin selama beberapa detik sampai proses pengemasan selesai.
  • Tarik keluar plastik. Produk Anda sudah terkemas dengan rapat dan kuat. Siap untuk dipasarkan.
  • Setelah mencapai 4 jam masa operasi mesin harus diistirahatkan selama kurang lebih 30 – 60 menit. Setelah itu mesin bisa digunakan kembali.

Tips Memilih Band Sealer yang Berkualitas

Menentukan continuous sealer yang tepat dan berkualitas bagus bukanlah hal yang mudah. Anda harus benar-benar memperhatikan mesin dengan detail sebelum membelinya. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda pergunakan:

1. Tentukan kebutuhan Anda

Hal pertama yang menjadi bahan pertimbangan tentunya adalah mengetahui kebutuhan Anda. Terutama terkait dengan bisnis dan produk yang Anda miliki. Anda bisa mempertimbangkan apakah produk Anda berbentuk bubuk, cair, hendak di-display secara horizontal atau vertikal, dan lain sebagainya lalu carilah mesin yang paling pas.

2. Pilih merek yang paling sesuai

Setelah mengetahui kebutuhan bisnis Anda, sekarang pilihlah merek yang paling sesuai. Perhatikan dengan teliti apa saja fitur yang ditawarkan masing-masing brand, dan jangan sampai salah beli.

Disarankan untuk berkonsultasi pada tenaga marketing yang berpengalaman, untuk mendapatkan informasi yang akurat dan tepecaya. Pilihlah mesin continuos sealer yang baik. Spesifikasi standar adalah mesin harus memiliki kecepatan konveyor hingga 16mt/min, pengatur suhu digital, pencetak kode emboss, sistem pendingin udara yang berfungsi untuk menghilangkan panas, serta ada timing belt dan teflon belt.

3. Perhatikan bahannya

Usahakan untuk memilih mesin continuous sealer yang terbuat dari stainless steel karena perawatannya lebih simple dan tidak mudah berkarat. Artinya, mesin ini lebih awet dan bisa dipakai untuk jangka panjang.

Jangan lupa pula untuk memperhatikan apakah ada tombol emergency stop button. Hal ini penting jika sewaktu-waktu mesin harus dihentikan secara total dan mendadak, terutama kalau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat proses produksi. Dengan emergency stop button ini, kita bisa mencegah terjadinya konsleting yang mengakibatkan mesin tidak berfungsi alias rusak.

4. Pilih mesin yang menggunakan MCB (Mini Circuit Breaker)

Mesin continuous sealer yang menggunakan MCB lebih kokoh, kuat dan relatif tidak cepat rusak ketika ada gangguan listrik. Hal ini karena mesin ini memiliki kemampuan mengamankan arus listrik yang berlebihan. Komponen-komponennya juga berbahan dasar besi, berbeda dengan mesin jenis lain yang berbahan dasar plastik.

5. Harga menentukan kualitas

Sebagai pebisnis, hal yang lebih penting Anda lakukan adalah menjaga kualitas barang. Karena itu, jangan terpaku pada harga murah saja.

Harga continuous sealer yang mahal memang biasanya merupakan tanda dari kualitas alat yang baik. Namun meski mahal, hal ini lebih baik daripada Anda harus mempertaruhkan kualitas produk yang dijual nanti.

Latest Post

Tips Untuk Mengemas Produk online Mudah Pecah Belah

Tips Untuk Mengemas Produk online M ...

Tips & Trick

Tips paket makanan itu sama seperti barang-barang yang pecah belah. Enggak ada cara lain, kalau itu dimensinya sudah cukup besar itu sudah harus pakai ....

Read More
Tips Belanja Online Aman

Tips Belanja Online Aman ...

Tips & Trick

Berbelanja online tidak hanya mudah dilakukan, namun membeli barang secara online juga dapat membuat Anda mendapatkan barang dengan harga yang lebih m ....

Read More

Comments

Daftar
Untuk Menerima Promo Terbaru
Dan Event